Josh MacDonald: Sukses Berbisnis Online Sejak Umur 14

Inilah Josh MacDonald, seorang entrepreneur muda di bidang online. Josh mulai belajar tentang wirausaha denga  bekerja dalam perusahaan keluarga. Di usia 14 tahun, Josh bertekad mendirikan bisnis online karena di dunia online , tak seorang pun bisa mengetahui usianya yang masih belia.


Di usia 16 tahun, Josh mencetak prestasi dengan keberhasilannya menjual software seharga total 100 ribu dollar. Ialah pencipta Keyword Scout dan kini ia bekerja sebagai pendiri Elite Web Software yang menjadi perusahaan yang mengusung brand semua produk software ciptaannya.


Startup pertama Josh ialah layanan yang spesifik di ceruk bisnis yang khusus. “Saya membuat situs-situs untuk tujuan beriklan,  utamanya Amazon ads dan Adsense. Proses ini hampir dapat dilakukan secara otomatis. Hanya saja saya harus melakukan riset yang mendalam tentang ceruk pasar yang harus digarap,” jelas Josh seperti dikutip dari blog cynthiakocialski.com (27/2/ 2013).


Josh mengaku terinspirasi mendirikan perusahaan sendiri setelah ia menyadari banyaknya alat kata kunci yang tidak bisa memenuhi keinginannya dan itulah yang mendorongnya membuat startup pertamanya. Josh menciptakan alat yang baru yang berguna membantu mengotomatisasikan bisnisnya yang sebelumnya. Pertama-tama ia hanya melakukan dengan timnya sendiri tetapi kemudian setelah berbicara dengan teman-temannya, ia menemukan adanya permintaan atas alat bantu seperti itu, dan ia mulai menjualnya secara terbuka.


“Setelah menemukan ide, saya harus menemukan programmer yang berpengalaman dan mau digaji murah. Rata-rata saya mempekerjakan 1 dari 40 programmer yang sudah saya wawancara. Dibutuhkan programmer yang amat berbakat untuk memelihara produk yang canggih. Setelah menyelesaikan program ini, waktunya untuk menggiatkan SEO dan forum marketing, “ jelasnya menceritakan seluk beluk mendirikan bisnis online . Prosesnya melelahkan tetapi begitu disetujui, beberapa forum langsung memberikan hasil penjualan yang nyata, ujarnya.


Meski mengaku cemas saat memulai bisnis, Josh berpikir bahwa dengan menunda terjun ke dalam bisnis, pesaing akan lebih berpeluang lebih maju darinya. “Kita semua sudah pernah dengar, go big or go home,” tuturnya.


Tentang pengalaman selama merintis bisnis, ia mengatakan,”Saya tidak tahu kerasnya atau mudahnya mendirikan bisnis, atau seberapa banyak rasa hormat yang kita dapatkan setelah sukses meluncurkan perusahaan. Saya juga tidak mengharapkan guru-guru untuk mencemburui kesuksesan saya.”


Josh kini menaruh hormat bagi pengusaha-pengusaha yang bersedia membayar pajak karena ia merasakan sendiri beratnya hal itu. “Saya dulu belum tahu bahwa sebagian keuntungan juga harus diberikan ke pemerintah, karena itu saya makin respek pada jutawan-jutawan yang menaati hukum,” papar Josh.


Ia juga menekankan pentingnya wawasan yang luas bagi entrepreneur dalam merintis bisnis. “Karena saya tidak hanya konsentrasi pada satu startup saja, saya tidak memfokuskan diri seperti itu kecuali saya harus membidik satu pasar yang menawarkan peluang miliaran dollar,” katanya.


Dari pengalaman, Josh ‘menyesali’ beberapa kesalahan dalam menjalin jejaring bisnis. Ia belum banyak mengenal sehingga ia salah menjalin hubungan bisnis. “Orang yang Anda temui saat merintis bisnis sangat penting,” Josh berujar.


Pesannya untuk mereka yang mau mendirikan perusahaan online ialah pastikan untuk memfokuskan waktu pada startup yang dibangun, dan jangan gentar jika gagal dalam 12 bulan pertama. (*Akhlis)


Recommended Services

Belum Ada Komentar

Isi Komentar